INFORMASI JASA TRAVEL DAN GUIDE WISATA SUMBAWA HUB 081915820265 ATAU VIA EMAIL km_gempar@yahoo.co.id DAN TWITTER @inkryanmuammar

Wednesday 15 July 2015

Wisata Sejarah Yang Belum Terekspose Media


Sumbawa memiliki banyak tempat wisata sejarah yang belum terekspose media. Salah Satunya yaitu Dermaga Jepang. Dermaga Jepang ini terletak di Dusun Prajak Desa Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir.
Menurut warga setempat, pada zaman dahulu dermaga tersebut merupakan tempat berlabuhnya kapal Jepang yang datang ke Sumbawa. Dermaga ini dihancurkan oleh pejuang Sumbawa
beserta kapal yang ada disekitar dermaga. disekitar Dermaga, ada sebuah kuburan yang diyakini bahwa kuburan tersebut adalah kuburan pahlawan Sumbawa yang menghancurkan Dermaga.
Bukti sejarah di dermaga Jepang ini masih terlihat jelas. secara nyata ketika air laut sedang surut pada musim tertentu, kita bisa melihat bangkai kapal yang diselimuti karang didasar laut. selain itu, karang yang terhempas ombak dibibir pantai bercampur dengan pecahan besi.
Bukti Sejarah yang lain yaitu Mitos warga setempat bahwa pada malam hari tepat pukul 00.00 yang bertepatan dengan air surut pada musim tertentu, masyarakat sekitar juga mendengar bunyi jam yang berasal dari dasar laut. dan sekitar ratusan meter dari dermaga ini terdapat sebuah sumur terletak di dalam laut yang airnya tidak asin. sampai sekarang sumur tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat mengambil air untuk kehidupan sehari hari.
Tidak hanya sebatas sejarah, keindahan pemandangannya pun begitu mempesona. pada pagi hari sunrise yang tersaji dibalik bayangan Gunung Tambora begitu indah dan agung yang disertai kicauan burung yang merdu.
Tempat wisata bersejarah seperti ini bisa dimanfaatkan Pemerintah daerah untuk dijadikan salah satu pusat wisata yang ada di Sumbawa serta menjadi salah satu tujuan wisatawan datang ke sumbawa. hal ini tentunya menjadi sebuah aset berharga yang dimiliki Kabupaten Sumbawa. (Ryan Muammar)/Sumber Kampung Media Gempar

No comments:

Post a Comment